TINGKATAN DALAM PRAMUKA


Gudep lengkap dalam satuan pramuka terdiri atas :

a.        PerindukanSiaga

1)     Perindukan siaga terdiri atas antara 18-24 Pramuka Siaga yang dibagi menjadi 3-4 kelompok kecil yang disebut barung.

Jika terdapat jumlah peminat yang ingin menjadi Pramuka Siaga cukup banyak, gudep dapat mempertimbangkan untuk membentuk perindukan baru.
2)   a)  barung adalah kelompok teman sebaya yang usianya antara 7-10   tahunyang disebut siaga.
b)    satu Barung jumlah anggotan yang terbaik terdiri atas 6 Pramuka Siaga.
c)    membentuk Barung dilakukan oleh para Pramuka Siaga sendiri dengan bantuan Pembina dan pembantu Pembina Siaga.
d)    keanggotaan Barung bersifat tidak menetap tetapi dapat diubah setiap 1-2 bulan sekali,  waktunya  diatur setelah menyelesaikan satu siklus program kegiatan. 3-Perubahan Barung harus atas dasar persetujuan para Pramuka Siaga.
e)   perubahan tidak boleh dilakukan secara acak dan jangan sampai membuat Pramuka Siaga merasa tidak nyaman.
f)    perubahan Barung dilakukan secara teratur tiap akhir program, para Pramuka Siaga akan menjadi terbiasa dengan operubahan tersebut dan merasa hal itu sebagai  kelompok singkat dan spontan.
b.         pasukan Penggalang
1.    Perindukan penggalang idealnya terdiri atas antara 24-32 Pramuka Siaga yang dibagi  menjadi 3-4 kelompok kecil yang disebut regu.
2.    Regu adalah kelompok belajar interktif teman sebaya usia antara11-15 tahun yang disebut Pramuka Penggalang, Satu regu anggotanya yang terbaik adalah 6-8 Pramuka Penggalang.
3.     Pembentukan regu dilakukan oleh para Pramuka Penggalang   Pembina dan Pembantu Pembina tidak menangani kecuali bila diperlukan dapat ikut membantu.
4.      Keanggotaan regu bersifat tetap dan membpunyai ketekaitan yang kuat.
5.    Setiap regu memiliki nama yang dipilihnya sendiri oleh anggotanya. Regu putra biasanya menggunakan nama binatang dan regu putri menggunakan nama bunga atau tumbuh-tumbuhan.
6.    Nama regu merupakan identitas regu dan mengandung kiasan dasar    yang memotivasi regu.
7.   Setiap reg memiliki bendera regu yang bergambarkan sesuai dengan nama regu dan menjadi cirri khas yang menandai regu dengan tongkat setinggi 160 Cm dengan ukuran benera 25 X 35 Cm.
8.   Sistim kelompok dalam golongan Pramuka Penggalang diwujudkan dalam sistim beregu yang merupakan unsur metode kepramukaan yang sangat penting, karena merupakan poros metode dalam kepramukaan untuk golongan Pramuka Penggalang.
c.          Ambalan Penegak
1.     Ambalan Penegak idealnya terdiri atas antara 12-32 Pramuka penegak yang   dibagimenjadi 3-4 kelompok kecil yang disebut Sangga.
2.    Ambalan Penegak menggunakan nama dan lambing yang dipilih mereka sesuai aspirasinya, dan mengandung kiasan dasar yang menjadikan motivasi kehidupan Ambalan.
3.    Sangga adalah kelompok belajar interaktif teman sebaya usia antara16-20 tahun yang disebut Pramuka Penegak.
4.      Satu Ambalan anggotanya yang terbaik adalah 4-8 Pramuka Penegak.
5.      Pembentukan regu dilakukan oleh para Pramuka Penegak sendiri.
6.      Keanggotaan regu bersifat tetap dan mempunyai keterkaitaan yang kuat.
7.      Nama sangga dipilih diantara nama-nama Perintis, Pencoba, Pendobrak, Penegas,dan Pelaksana atau dipilih nama lain sesuai aspirasi yang mereka inginkan. Nama tersebut merupakan identitas dalam sangga dan mengandung kiasan dasar yang dapat memberikan motivasi kehidupan sangga.
8.  Untuk melaksanakan suatu tugas pekerjaan,ambalan penegak dapat membentuk Sangga Kerja yang anggotanya terdiri atas anggota sangga yang ada, jumlah anggota disesuaikan dengan beban kerja atau tugas diberikan.
9.  Sangga kerja bersifat sementara sampai tugas/pekerjaan sudah selesai dikerjakan.

raih prestasi , jung-jung tinggi cita-citamu

Popular posts from this blog

pengertian bantara

Logo atau Lambang Saka (Satuan Karya)

SEJARAH PRAMUKA INDONESIA